Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Studi pada TK Diponegoro 140 Rawalo Banyumas

  • Oki Witasari IAIN Purwokerto
  • Novan Ardy Wiyani IAIN Purwokerto
Keywords: Anak, karakter, permainan tradisional

Abstract

Setiap guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan karakter, namun belum semua guru menguasai metode dalam membentuk karakter anak. Penyebabnya adalah lemahnya kreativitas guru dalam membentuk karakter anak. Permainan tradisional sebenarnya dapat dijadikan oleh guru sebagai metode dalam membentuk karakter anak. Hal itu telah dilakukan oleh guru di TK Diponegoro 140 Rawalo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembentukan karakter anak melalui permainan tradisional di TK Diponegoro 140 Rawalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fenomenologi dengan subjek yang diteliti yaitu kepala TK, guru, serta anak. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter anak melalui permainan tradisional di TK Diponegoro 140 rawalo dilakukan melalui tiga tahap. Pertama, pemberian pengetahuan tentang nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional. Kedua, pemberian motivasi untuk melakukan nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional. Ketiga, pemberian arahan untuk melakukan nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional. Pada pelaksanaan ketiga tahapan tersebut guru bukan sekedar mendampingi dan mengajarkan cara bermain tetapi juga menjadi role model bagi anak untuk melakukan kebaikan-kebaikan saat bermain dengan permainan tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466

Binti Maunah. (2009). Landasan Pendidikan. Teras.

Farisia, Hernik. (2017). Strategi Optimalisasi Kemampuan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui Program Pembelajaran Individual. SELING; Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 1–17.

Farisia, Hernik. (2018). Jurnal Handayani. Jurnal Handayani, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jh.v8i1.10561

Hewi, L., & Surpida, S. (2019). Permainan Dadu pada Pengembangan Perilaku Prososial Anak di RA An-Nur Kota Kendari. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 115–128. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.468

Hunainah. (2019). Pendampingan Guru TK dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Thufula IAIN Kudus, 7(2), 273–294. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5818

Jajang Aisyul Muzakki. (2016). MODEL PEMBERIAN HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 2(2), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i2.821

Muhammad Fadlillah. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Ar-Ruzz Media.

Munawaroh, Z. A. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Stiker Bintang Terhadap Percaya Diri Anak Kelompok B di TK Thoriqussalam Sidoarjo. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.494

Novan Ardy Wiyani. (2012). Bina Karakter Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.

Novan Ardy Wiyani. (2014). Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Ar-Ruzz Media.

Novan Ardy Wiyani. (2015). Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB. Gavamedia.

Novan Ardy Wiyani dan Barnawi. (2012). Format PAUD. Ar-Ruzz Media.

Pamungkas, J., Syamsudin, A., Harun, H., & Sudaryanti, S. (2019). Survei Pembelajaran Kearifan Lokal di Taman Kanak-Kanak Se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-01

Pancaningrum, N. (2018). PEMANFAATAN SARANA PRASARANA INDOOR DAN OUTDOOR RAUDHATUL ATHFAL. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(2), 344. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i2.5229

Ramadhan Lubis dan Khadijah. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Jurnal al Athfal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 4(2), 177–186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05

Wahyuni, S. (2019). Model Kepemimpinan Lembaga PAUD kelas Menengah Berbasis Fullday School. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 67–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.455

Published
2020-06-15
How to Cite
WitasariO., & WiyaniN. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52-63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567
Section
Articles