Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya

  • Taseman Taseman IAI Al-Khoziny Buduran Sidoarjo
  • Safaruddin Safaruddin IAIM Sinjai
  • Nasrul Fuad Erfansyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Wilujeng Asih Purwani Universitas Billfath Lamongan
  • Fahriza Femenia Femenia UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Speech Delay, Social interaction, Language, Speak

Abstract

The purpose of this research is to find out the teacher's strategy in dealing with delays in speaking disorders that affect the social interaction of early childhood. The research population is Surabaya State Kindergarten Students. This type of research is the field using data collection techniques such as observation, interviews. The results showed that the specific speech delay experienced by children in TK Negeri Pembina Surabaya was due to two factors, namely internal in children originating from parents' innate factors, and external factors due to lack of language stimulation from their parents. Although children experience delays in speaking, but the situation of children in TK Negeri Pembina Surabaya can still develop better and finally be able to follow the development of the language of other friends through a good teacher strategy as well.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amral, S. (2015). Peran Pengasuh (Orang Tua) dalam Mengatasi Keterlambatan Produksi Berbahasa Anak-anak Penderita Hiperautis (Studi Etnografi Linguistik pada Valian Siswa penderita Hiperautis di Kota Jambi). Tarbawiyah, 12(01), 19–40.

Anggraini, W. (2011). Keterlambatan bicara (speech delay) pada anak (studi kasus anak usia 5 tahun). Skripsi.

Azizah, U. (2017). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281–297.

Dewanti, A., Widjaja, J. A., Tjandrajani, A., & Burhany, A. A. (2012). Karakteristik Keterlambatan Bicara di Klinik Khusus Tumbuh Kembang Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Tahun 2008 - 2009. Sari Pediatri, 14 (4), 230. https://doi.org/10.14238/sp14.4.2012.230-4

Eka Rizki Amalia, Amalia Rahmawati, S. F. (2013). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Elisa Rahayu, Intan Widyaningsih, B. A. (2020). Problematika Keterlambatan Bicara dan Gagap Pada Anak Usia 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Modern, Volume 05(Pendidikan Anak Usia Dasar), 63–71.

Fitriani, K. A. A. D. (2016). Model pengembangan kecakapan berbahasa anak yang terlambat berbicara (speech delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36–45.

Galuh Pratiwi, D. (2018). Perancangan Kampanye “Speech Delayed Pada Anak Untuk Orang Tua Di Kota Bandung”. e-Proceeding of Art & Design, 5 (1), 430–439.

Hutami, E. P., & Samsidar. (2018). Strategi Komunikasi Simbolik Speech Delay Pada Anak Usia 6 Tahun di TK Paramata Bunda Palopo. Jurnal Tunas Cendikia, 1(1), 39–43.

Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary, Vol. 2(Pengembangan Bahasa), 35–44.

Nilawati, E., & Suryana, D. (2018). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Padang, 1–8.

Palupi, Y. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia PERKEMBANGAN, 14(1), 25–33.

Siregar, A. O., & Hazizah, N. (2019). Studi Kasus Keterlambatan Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 22–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.31

Wijaya, S. (2011). Efektivitas Pelatihan Identifikasi Dini Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia Pra Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Paud. PROCEEDING SEMINAR NASIONAL “Selamatkan Generasi Bangsa dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal,” 118–124.

Wijayaningsih, L. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Speech Delay (Studi Kasus Di Homeschooling Bawen Jawa Tengah). Satya Widya, 34(2), 151–159. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i2.p151-159

Yani, S., & Wibisono, H. (2018). Gambaran Tumbuh Kembang Anak Didik Paud Di Jajaran Kelurahan Pekayon Kecamatan Pasar Rebo. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). Diambil dari https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/view/1/1

Yulianda, A. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN BERBICARA BERBICARA PADA ANAK BALITA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(budaya literasi dalam pembelajaran bahasa), 12–16. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226

Published
2020-06-15
How to Cite
TasemanT., SafaruddinS., ErfansyahN. F., PurwaniW., & FemeniaF. F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13-26. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.519
Section
Articles