Manajemen Pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan di Era Industrialisasi 4.0
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.2.184-195Keywords:
Pelayanan Manajemen Kantor, Era Industrialisasi 4.0.Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pelayanan manajemen kantor di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Fokus dalam penelitian ini adalah gambaran layanan manajemen kantor di Era Industrialisasi 4.0 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan manajemen kantor pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah Kepala Sub Bagian TU, Kepala Seksi masing-masing bidang dan Tamu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil reduksi data maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, layanan manajemen kantor yang berkualitas di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan masih belum terlaksana secara efektif dan efesien.
Downloads
References
Muhammad Badri, Zulfahmi, dan Listiawati Susanti. “Efektivitas media E-Government dalam mendukung Transparansi Informasi di Kantor Kementerian Agama provinsi Riau”, Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, Vol. 1 No. 1, Maret 2019
Siraj, Arifuddin. “Refungsionalisasi Aparat Pelayanan Keagamaan di Kantor Kementerian Agama Kota Makassar”, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik, Volume 8 Nomor 1 Januari – Juni 2018.