Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatan Kualitas Peserta Didik melalui Program Karya Tulis Ilmiah

  • Ilyas Ichsani UINSA
  • Bayu Candra Pamungkas Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Taufiq Subty Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Anton Wahyudin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: manajemen kesiswaan, kualitas peserta didik, karya tulis ilmiah

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan seluruh kegiatan pembinaan dan pengembangan peserta didik yang dilaksanakan secara kontinu untuk menumbuhkan bakat, minat, dan kemampuan peserta didik melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler. Program karya tulis ilmiah merupakan salah satu program dalam ranah kesiswaan yang dibuat dan dijalankan untuk melatih dan mengembangkan para peserta didik dalam melaksanakan penelitian dan penulisan suatu karangan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Manajemen kesiswaan dalam implementasi program karya tulis ilmiah; (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program karya tulis ilmiah; dan (3) peningkatan kualitas peserta didik dengan adanya program karya tulis ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) atau penelitian kualitatif. Sasaran penelitian (subjek penelitian) ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, dan guru yang menjadi pembimbing dan penguji Karya Tulis Ilmiah di MA Muhammadiyah 9 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknikĀ  analisis data Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kesiswaan dalam implementasi program karya tulis ilmiah terdiri dari empat tahap, yakni perencaaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian program karya tulis ilmiah; (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program karya tulis ilmiah diantaranya adalah faktor siswa, faktor pembimbing, dan faktor fasilitas madrasah; (3) peningkatan kualitas siswa dengan adanya program karya tulis ilmiah dapat dilihat dari pengembangan penalaran peserta didik, terbentuknya mental peserta didik, dan penguasaan teknologi oleh peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. A., Alfin, J., Udin, N.H.W., dan Adhitama, T. S. (2016). Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Arifin, E.Z. (1993). Penulisan Karangan Karya Ilmiah Dengan Bahasa Indonesia Yang Benar (Pedoman Praktisi Untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: Media Atamasarana Perkasa.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Cet. XI. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Day, R. (1979). How to Write and Publish a Scientific Paper. Philadelphia: ISI Press. Faisal, S. (1995). Format-format Penelitian Sosial: Dasar-dasar dan Aplikasi. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Hadi, S. (1991). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. Herujito, Y. M. (2001) Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Hufron, A., Imron, A., & Mustiningsih. (2016). Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4 (2), 95-105.

Kurniawati, E., Roesminingsih, E. (2014). Manajemen Kesiswaan di SMA Negeri Mojoagung Jombang. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4 (4), 207-213.

Miftah, M. (2017). Reaktualisasi Manajemen Kesiswaan dalam Mempertahankan Local Wisdom (Studi Analisis di MTs Miftahul Ulum Karangmojo, Klego, Boyolali). Jurnal Penelitian, 11 (2), 237-254.

Saleh, A. R. (2001). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa: Visi, Misi, dan Aksi.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyudin, A. (2019). Laporan Kegiatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Siswa Kelas XII MA Muhammadiyah 9 Lamongan. Lamongan: MA Muhammadiyah 9 Lamongan.

Wati, M.R.E., Purwanti, Z., dan Suwito. (2018). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah MA Muhammadiyah 9 Lamongan, Edisi Revisi II. Lamongan: Fan Amru Press.

Published
2021-03-26
How to Cite
IchsaniI., PamungkasB. C., SubtyT., & WahyudinA. (2021). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatan Kualitas Peserta Didik melalui Program Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(1), 29-48. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.1.29-48
Section
Articles