Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Rangka Penigkatan Mutu Pendidikan di MTsN Gresik

  • Nur Hanifatus Saadah Manajemen Pendidikan Islam
  • Moh. Nadhiful Khoir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Junaedi Junaedi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Kedisiplinan, Madrasah Bermutu

Abstract

Penerapan dan penanaman nilai kedisplinan dalam jiwa peserta
didik merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam
kehidupan di lingkungan sekolah lebih-lebih bisa diterapkan dalam
kehidupan bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara. Lembaga
pendidikan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter.
Penanaman nilai kedisiplinan di lingkungan sekolah dapat
dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memberdayakan semua
lingkungan belajar secara optimal untuk menumbuhkan jiwa atau
rasa tanggung jawab peserta didik di sekolah dengan menumbuhkan
rasa disiplin peserta didik. Selain itu, dengan disiplin dapat
mengembangkan produktivitas peserta didik dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui
wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Madrasah membentuk nilai kedisiplinan peserta didik
sehingga menjadi madrasah yang bermutu. 2) kedisiplinan yang tiap
hari ditingatkan, 3) Menjadikan madrasah ini menjadi madrasah
yang terpandang di Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen E., Jane dan Marylin Cheryl. 2005. Disiplin Positif. Jakarta: Prestasi Putakaraya. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Atheva, Abi. 2007. Perilaku Baik Sehari-hari. Semarang: CV Aneka Ilmu. Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. 2000. Manajemen Kelas. IKIP Semarang

Press

Gunarsa. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Imron, Ali. 2011. Manajeman Pesrta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Maria J. Wantah. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Risdakarya.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Manajemen in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.

Nurkancana, Wayan. 2000. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Rimm, Sylvia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anakn Prasekolah.

Jakarta/; PT Gramedia Putaka Utama.

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan V. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafika Persada. Sulistiyowati, Sofchah. 2001. Cara Belajar yang Efektif dan Efisien. Pekalongan:

Cinta Ilmu.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2021-03-26
How to Cite
SaadahN. H., KhoirM. N., & JunaediJ. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Rangka Penigkatan Mutu Pendidikan di MTsN Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(1), 17-28. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.1.17-28
Section
Articles