Implementasi Program Khotmil Qur’an pada Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Citra Lembaga MA Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik

Authors

  • Santi Eka Mirnawati UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Naylun Nada UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.2.22-32

Abstract

Abstrak

Khotmil Qur’an merupakan kegiatan positif yang mana bisa mendatangkan dampak positif pula bagi yang melaksanakannya. Pada penelitian ini, kegiatan khotmil Qur’an difokuskan pada siswa yang mengikuti program Tahfidz di MA Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang diperoleh madrasah setelah adanya kegiatan khotmil Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan khotmil Qur’an merupakan kegiatan yang sangat positif dan patut untuk diterapkan di madrasah, dengan diadakannya kegiatan khotmil Qur’an bisa menambah semangat siswa tahfidz untuk belajar membaca dan menghafal al Qur’an. Selain itu, kegiatan khotmil Qur’an juga bisa meningkatkan citra madrasah dalam pandangan masyarakat juga meningkatkan hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar madrasah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, data dan sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran atau subjek dalam penelitian ini yakni masyarakat sekitar dan lembaga MA Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik.

Kata Kunci: Khotmil Qur’an, Masyarakat, Citra Lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Y. (2019). Sosiologi Politik. Budi Utama.

Afandi, I. (n.d.). Manajemen Humas dalam Membangun Citra Sekolah [Undergraduate]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ali, M. (2019). Konstribusi Khotmil Quran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al- Quran di MA Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Mojowarno Jombang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(2).

Fransiska, M. (2015). Peran Humas dalam Membangun Citra Sekolah Menengah Kejuruan Bopkri 1 Yogyakarta [Undergraduate]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermawati. (2017). Strategi Manajemen Humas dalam Membangun Citra Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lubuk Pakam Kab Deli Serdang [Undergraduate]. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Mulyadi, S. (2018). Perencanaan Humas dan Usaha Membangun Citra Lembaga yang Unngul. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(2).

Qoimah. (2018). Membangun Pelyanan Publik yang Prima: Strategi Manajemen Humas dalam Penyampaian Program Unggulan di Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Sulaimanul, A. (2008). Pemaknaan Jamaah terhadap tradisi Mengkhatamkan Al- Quran dalam Sholat Tarawih di Masjid Pondok Pesantren Al- Munawwir Krapyak Jogyakarta [Undergraduate].

Sutojo, S. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Damar Mulia.

Tamher, R. S., & HM, M. N. (2011). Peranan Hubungan Masyarakat dalam Manajemen Krisis Pasca Kasus Kebakaran Pasar Inpres Kota Tual. Jurnal Komunikasi KABERA, 1(3).

Tejokusumo, B. (2004). Dinamika Masyarakat sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Geodukasi, 3(1).

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Mirnawati, S. E., & Nada, N. . (2021). Implementasi Program Khotmil Qur’an pada Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Citra Lembaga MA Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(2), 22–32. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.2.22-32

Issue

Section

Articles