Fungsi Pengawasan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono

  • Asenan Erik Ibrahim UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Romadhona Intan Pratiwi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Aan Nadjib Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pengawasan, Manajemen, Kinerja dan Kedisiplinan Guru

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan sebuah fenomena yang terjadi pada MTs. Hasyim Asy’ari yaitu kurang optimalnya kinerja guru yang mengabdi disana. Guru seringkali kurang disiplin dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik. Walaupun tidak semuanya, namun hal ini tentunya akan sangat merugikan apabila tidak dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dari salah satu fungsi manajemen yaitu pengawasan yang ada di MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri, Sukodono, Sidoarjo. Dengan adanya pengawasan, pihak kepala sekolah berharap akan mencapai keberhasilah khususnya dalam memantau kinerja guru yang berhubungan langsung dengan kualitas dan tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar pada siswa. Landasan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pernyataan menurut Siagian, bahwa pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang paling penting dan harus dilakukan oleh seorang pimpinan dalam suatu usaha mencapai tujuan organisasi yang dipimpinnya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif. Fungsi utama evaluasi adalah menelaah suatu objek atau keadaan untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk untuk pengambilan keputusan. Seorang pimpinan sekolah harus jeli mengidentifikasi dan mengklasifikasikan permasalahan yang ada sehingga menjadi suatu skala priorotas pemecahan apalagi berhubungan dengan upaya peningkatan kinerja guru. Masalah-masalah yang muncul dalam upaya peningkatan kinerja guru di sekolah merupakan tantangan yang harus diselesaikan karena hal tersebut akan menjadi pelajaran yang berharga untuk mengambil keputusan di kemudian hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, Asep. 2011. “Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningatkan Kinerja Guru untuk Menciptakan Sekolah yang Bermutu: Penelitian di SDIT Sabilul Huda dan SDIT Sains al-Farabi”, Jurnal Holistik, vol. 12, no. 01 (Juni): h. 26.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 1998. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito. Nawawi, Hadari. 1996. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Shulhan, Muwahid dan Soim. 2013. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidiakan Islam. Yogyakarta: Penerbit Teras.

Syamsul, Herawati. 2017. “Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)” Jurnal Idaarah, vol. 1, no. 2 (Desember): h. 276.

Published
2021-03-26
How to Cite
IbrahimA., PratiwiR. I., & NadjibA. (2021). Fungsi Pengawasan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(1), 83-98. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.1.83-98
Section
Articles