Program Pelatihan Kewirausahaan Dalam Jasa Layanan Badan Layanan Umum Daerah (Blud) Dalam Meningkatkan Sikap Mandiri Siswa Di Smk Negeri 1 Surabaya

Authors

  • Uhilla Firdausin Nada UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ni'matus Sholihah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mukhlishah AM UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.201-212

Keywords:

Program Pelatihan Kewirausahaan dalam Jasa Layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Sikap Mandiri Siswa

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan; program pelatihan kewirausahaan dalam jasa layanan BLUD, meningkatkan sikap mandiri siswa, program pelatihan kewirausahan dalam jasa layanan BLUD dalam meningkatkan sikap mandiri siswa. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data; wawancara, observasi, dokumentasi. Informan penelitian 5 orang; kepala sekolah, kepala BLUD, bendahara BLUD, Guru dan Siswa. Analisis data; reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian program pelatihan kewirausahaan dalam jasa layanan BLUD diterapkannya dengan pelatihan dan pembelajaran kewirausahaan. Setiap Teaching Factory (Tefa) itu adalah bagian dari pelatihan kewirausahaan itu, dalam pelatihan kewirausahaan ini para siswa-siswi melakukan piket secara bergilir, jika sekolah sudah mampu mengembangan Tefa tersebut, sekolah akan mendapatkan hasil dari pelatihan kewirausahaan BLUD ini nantinya bisa digunakan untuk pengembangan dan pemeliharan sekolah ini. Tidak hanya itu melalui pelatihan kewirausahaan BLUD, sekolah yang mempunyai berbagai produk unggulan juga dapat mengelola produksi di Tefa dengan lebih fleksibel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernadib, S. I. (2002). Filsafat Perspektif Baru Pendidikan. Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Chimucheka, T. (2014). Entrepreneurship, Economic Growth and Entrepreneurship Theories”. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(14), 160.

Covey, R. & Steven. (1997). The Seven Habits of Highly Effective People, terjemahan Budijanto. Binarupa Aksara.

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. An.

Ganesha, U. P. (2008). Kumpulan Abstrak (Model Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Untuk Pemberdayaan Masyarakat” (hlm. 44).

Gea, A. A. & dkk. (t.t.). Character Building 1 Relasi dengan Diri Sendiri (edisi revisi. PT. Elex Media Komputindo,2003.

Kartono, K. (2000). Psikologi Perkembangan. Alumni.

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third). SAGE Publications, Inc.

Noviarita, H. (2018). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Perempuan Muslim Di Provinsi Lampung”. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, 4(1).

Sugiyono, M. P. K. (2017). Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suid, A. S. & dkk. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 72.

Syncore. (2021, Juni 8). MENGAPA HARUS MENJADI BLUD? https://blud.co.id/wp/mengapa-harus-menjadi-blud/

Valerio, A., Parton, B., & Robb, A. (2014). Entrepreneurship education and training program around the world: Dimenssion for success. The World Bank.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Nada, U. F., Sholihah, N., & AM, M. (2022). Program Pelatihan Kewirausahaan Dalam Jasa Layanan Badan Layanan Umum Daerah (Blud) Dalam Meningkatkan Sikap Mandiri Siswa Di Smk Negeri 1 Surabaya . Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 201–212. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.201-212

Issue

Section

Articles