Efektivitas Pelayanan Administrasi Pendidikan di MAN 1 Hulu Sungai Utara

Authors

  • Dina Ananda UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Thohir UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rusmawati Rusmawati MAN 1 Hulu Sungai Utara

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.114-123

Keywords:

Kata kunci: Pelayanan, Administrasi, Administrasi Pendidikan

Abstract

Pendidikan memiliki tujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan mencerdaskan kehidupan setiap warga negaranya seperti yang termuat didalam Undang - Undang No. 20 Tahun 2003. Namun untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut diperlukan adminustrasi untuk mendukungnya. Administrasi Pendidikan merupakan suatu ilmu yang mempelajari penataan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan. Administrasi Pendidikan memiliki tujuan diantaranya agar tersusun dan terlaksana suatu sistem pengelolaan komponen instrumental dari proses pendidikan yang meliputi banyak hal diantaranya komponen siswa, pegawai guru, sarana/prasarana, organisasi, pembiayaan, tatausaha dan hubungan sekolah dan masyarakat, agar terlaksananya proses pendidikan yang efektif yang menunjang tercapainya tujuan dan sasaran pendidikan di madrasah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya pelayanan administrasi yang ada didalam Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Utara guna tercapainya tujuan dari pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif, untuk itu peneliti melakukan observasi, wawancara serta studi dokumen untuk mendapatkan data, adapun lokasi nya bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Utara dengan waktu penelitian selama dua minggu dimulai pada tanggal 15 hingga 27 November 2021. Adapun hasil dari penelitian ini menujukkan adanya ketidakefektifan dari Pelayanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Utara diantaranya 1). Tidak adanya pelayanan PTSP, 2). Kurangnya fasilitas pelayanan administrasi, 3). Adanya miss Komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhanuddin Yusak, 1998. Administrasi Pendidikan, (Cet I; Bandung: CV Pustaka Setia)

Hasibuan Malayu S.P., 2005. Dasar-Dasar Perbankan, (Jakarta: Bumi Aksara)

Invancevich Gibson JL JM, JH Donnelly,2001. Organisasi, terjemahan Agus Dharma, (Jakarta : Erlangga)

Kasmir, 2012. Manajemen Perbankan, (Jakarta : Rajawali Pers)

Kasmir, 2005. Etika Customer Service, (Jakarta : Raja Grafindo Persada,Ed. I, Cet. I)

Prawiro M., Administrasi Pendidikan; Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkupnya, https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/administrasi-pendidikan.html ( diakses 26 November 2021)

Rianto M. Nur, 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah, (Bandung: Alfabeta)

UNDANG - UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf (diakses 24 November 2021)

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Ananda, D., Thohir, M. ., & Rusmawati, R. (2022). Efektivitas Pelayanan Administrasi Pendidikan di MAN 1 Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 114–123. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.114-123

Issue

Section

Articles