Pengelolaan Kurikulum dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Smp Wachid Hasjim 9 Sedati Sidoarjo

Authors

  • Hana Putri Puji Astuti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sulanam Sulanam UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rika Andayani SMP Wachid Hasjim 9 Sedati

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.98-113

Keywords:

Kurikulum, Pengelolaan Kurikulum, Kualitas Pendidikan, Kurikulum Kondisi Khusus

Abstract

The problem with today's educational unit establishments is that the educational method developed by academics remains weak. the educational process that happens within the room is administered in step with the talents and tastes of the teacher furthermore because the current educational state of affairs and conditions that are adapting to the restricted face-to-face meeting (PTMT) policy, making a spot in educational goals and competencies that students should possess. This study aims to work out and describe however info management is to enhance the standard of education through planning, implementing, and evaluating curriculum activities. The analysis methodology used is descriptive qualitative through interviews, direct observation, and documentation. The results showed that: (1) curriculum designing concerned principals, teachers, education staff, school committees and college residents. The curriculum used is K13 Special Conditions supported the applicable PP; (2) the implementation of the curriculum is administered by holding workshops and training, job for and checking learning tools, and dividing the allocation of study time; (3) curriculum analysis is carried out through aspects specifically input, process, & output.

Permasalahan lembaga satuan pendidikan dewasa ini adalah masih lemahnya proses pembelajaran yang dikembangkan oleh guru. Proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas di laksanakan sesuai kemampuan dan selera guru serta situasi dan kondisi pendidikan saat ini yang tengah beradaptasi dengan kebijakan pertemuan tatap muka terbatas (PTMT) membuat gap tujuan pendidikan dan kompetensi yang harus dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengelolalaan kurikulum. Dalam meningkatkankan mutu pendidikan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kurikulum melibatkan kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, komite sekolah dan warga sekolah. Kurikulum yang digunakan adalah K13 Kondisi Khusus dengan berpedoman pada PP yang berlaku; (2) pelaksanaan kurikulum dilakukan dengan mengadakan workshop dan pelatihan, menghimbau dan memeriksa perangkat pembelajaran, dan pembagian alokasi waktu belajar; (3) evaluasi kurikulum dilakukan melalui aspek yakni input, proses, &  luaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, M., Purwanti, E., & Mursyid, A. A. (n.d.). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Di SMP PGRI 1 Pulaupanggung, Kabupaten Tanggamus. Retrieved November 23, 2021, from https://www.ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/download/27/26

Ashari, S., & Anggraita, S. (2020). Strategi Evaluasi Pengelolaan Kurikulum Tingkat Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Arah Manajemen Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, 274–284. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/426

Asrohah, H. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. UIN Sunan Ampel Press.

Badan Bahasa Kemendikbud. (2016). KBBI V (0.4.0 Beta) [Id; Android]. https://play.google.com/store/apps/details?id=yuku.kbbi5

Busro, M. & Siskandar. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Media Akademi.

Darani, N. P. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 133–144.

Darmini, N. M. (2021, March 22). RPP Pembelajaran Berdiferensiasi. Math-with-Dar. https://math-with-dar.blogspot.com/2021/03/rpp-pembelajaran-berdiferensiasi.html

Denim, S. (2008). Visi Baru Manajemen Sekolah (dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik). PT. Bumi Aksara.

Dewi, A. A. (2018). Guru Mata Tombak Pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher).

Dolong, J. (2018). Karakteristik Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 7(1), 1–10.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 26–28.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Hamdi, M. M. (2020). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Intizam : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75.

Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. (2020, August 7). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Maryam, A. S. (2021, February 9). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi [Kemdigbud.go.id]. Ayo Guru Berbagi. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/stategi-pelaksanaan-pembelajaran-berdiferensiasi/

Perangkat Pembelajaran K13 SMP Revisi 2020 Semua Mapel. (n.d.). snibudayaku.com. Retrieved November 28, 2021, from https://www.senibudayaku.com/2020/10/perangkat-pembelajaran-k13-smp.html

Philip Crosby: Zero Defects Thinker—The British Library. (n.d.). Library British. Retrieved November 23, 2021, from https://www.bl.uk/people/philip-crosby

Prabowo, H. (n.d.). Pentingnya Peranan Kurikulum Yang Sesuai Dalam Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Retrieved November 28, 2021, from https://osf.io/vu3tx/download/?format=pdf#:~:text=pentingnya%20peranan%20kurikulum%20dalam%20mencapai%20tujuan%20pendidikan.&text=Kurikulum%20merupakan%20salah%20satu%20komponen,mengajar%20(Sukmadinata%3A%202009).

Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Purba, B., & Simarmata, J. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Kurikulum_dan_Pembelajaran/EAgiEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=jenis+kurikulum+pendidikan&printsec=frontcover

Purwanto, N. (1998). Administrasi dan Supervisi Pendidikan (2nd ed.). Remaja Karya.

Purwanto, N. (2014). Pengantar Pendidikan. Graha Ilmu.

Qotudina, A. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Negeri 13 Malang [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/18382/6/16170078.pdf

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf

Salamah, U. (2017). Model Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam.(Studi Kasus Di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2014/2015) [Skripsi]. STAIN Kudus.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (ktsp) (2nd ed.). Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Penerbit Alfa Beta.

Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Kurikulum Di Sekolah. Visi Nusantara Maju.

Tafser.Info. (2010). Tafsir Al—Usyr Al—Akhir Dari Al—Quran Al Karim Juz (28,29,30). www.tafseer.info.

Ulmunir, M. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan (2nd ed.). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

Wijoyo, H. (2021). Manajemen Kurikulum. Insan Cendekia Mandiri.

Zakiyah, A., Heriyanto, Lailiyah, T. S., & Amiq, M. A. (2020). Konsep dan Filosofi Mutu Pendidikan. In Manajemen Mutu Pendidikan. Mahasiswa MPI UIN Sunan Ampel.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Astuti, H. P. P., Sulanam, S., & Andayani, R. (2022). Pengelolaan Kurikulum dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Smp Wachid Hasjim 9 Sedati Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 98–113. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.98-113

Issue

Section

Articles