Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains Saat Pandemi Covid-19

  • Ta’imul Sholikah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Anisa Fitri Mardhotillah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lisawati Achmadi Indriyani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Vela Ayu Wulandari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Putriyana Permata Sari Kuraesin UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Laily Sa'adatus Abadiyah Al-Khotim UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Yuda Irjiananto UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Fatmah Fatmah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Ma'arif UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ninik Fadhillah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Yuanita Rachmawati UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Studi Eksplorasi Praktikum, Praktikum Sains, Praktikum saat Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 juga dirasakan di sektor pendidikan dimana kurang lebih selama 9 bulan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (daring). Hal ini tentunya menjadi sangat tidak mudah untuk dilakukan, khususnya para mahasiswa dituntut untuk tetap melakukan praktikum selama Pandemi Covid-19 demi terlaksananya tujuan pembelajaran.  Praktikum menjadi hal yang sangat penting, mengingat praktikum dapat menunjang pemahaman para mahasiswa terhadap materi abstrak bidang sains yang perlu di kongkritkan. Tujuan studi ini adalah untuk mengeksplorasi keterlaksanaan, bentuk, mata kuliah, kendala yang dihadapi, cara dosen menjelaskan prosedur praktikum, alasan praktikum tetap harus dilaksanakan saat pandemi Covid-19, hingga respons efektivitas pelaksanaan praktikum bidang sains (IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi) yang dilaksanakan selama masa Pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode kuesioner yang datanya dihimpun secara purposive sampling. Subjek pada penelitian ini berjumlah 200 responden yang berasal dari mahasiswa berbagai program studi Sains (IPA, Biologi, Kimia, Fisika) di 10 Perguruan tinggi di Indonesia. Studi eksplorasi ini memberikan hasil bahwa kegiatan pembelajaran berbentuk praktikum selama pandemi Covid-19 ini mayoritas tetap dilaksanakan dengan bentuk praktikum eksperimen menggunakan alat dan bahan yang sederhana paling biasa dilakukan dan menjadi yang paling diminati oleh mayoritas responden. Terdapat praktikum yang masih dilakukan secara Luring dengan mempertimbangkan protokol kesehatan ketat. Kendala utama yang dihadapi oleh mahasiswa adalah pada ketersediaan alat dan bahan. Bentuk penjelasan dosen terkait prosedur praktikum paling dirasa maksimal adalah pemanfaatan bentuk buku modul/petunjuk praktikum disertai dengan penjelasan dosen. Mayoritas mahasiswa tetap ingin kegiatan praktikum terlaksana, namun mahasiswa menganggap bahwa praktikum terlaksana selama ini dengan tidak efektif dilakukan melalui daring.

References

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.

Daniah, D. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah Pada Praktikum Dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 9(1).

Dewi, I. (2020). Pengembangan LKPD IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Hamidah, A. (2014). Persepsi siswa tentang kegiatan praktikum biologi di laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221111.

Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan Praktikum Mandiri Dalam Bentuk Video Presentasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Komunikasi Lisan Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 317-327).

Jayananda, D. P. A. P., Arnyana, I. B. P., & Lasmawan, I. W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multimodal Melalui Analisis Muatan Pengetahuan Dan Keterampilan Ipa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 61-69.

Mahanani, T. (2020). Analisis Keefektivitasan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Di Masa Pandemi. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1).

Rachmawati, Yuanita. (2010). Efektivitas Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Pada Materi Vertebrata Di Kelas RSBI SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Surabaya: UNESA.

Rachmawati, Y., Ma'arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., & Auliyah, A. (2020). Studi Eksplorasi Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 32-36.

Riawan, I. M. O., Wijana, N., & Mulyadiharja, S. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pemberian Materi Pengayaan Praktikum Ipa (Biologi) Dengan Lks Lij Bagi Guru Ipa Smp Kecamatan Kubutambahan-Buleleng. Proceeding Senadimas Undiksha, 516.

Saraswati, N. L. P. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(2), 144-161.

Sartika, S. B., Efendi, N., & Rocmah, L. I. (2020). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA dan Matematika di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 201-208.

Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium Virtual: Media Praktikum Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 45-51).

Sumardi, S., Ekowati, C. N., Handayani, T. T., & Arifiyanto, A. Belajar enzim dari rumah; Penguatan Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Guru Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tulangbawang.

Ulfah, R. Y., Yuliani, H., & Nastiti, L. R. (2020, November). Kendala Mahasiswa Dalam Menggunakan Simulasi Virtual Phet Pada Pembelajaran Praktikum Gelombang Selama Pandemi Covid-19. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Welas Sari, S. A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran E-Learning Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Pada Praktikum Mikrobiologi Selama Pandemi Covid-19 Tahun Akademik 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Published
2020-12-31
How to Cite
SholikahT., MardhotillahA., IndriyaniL., WulandariV., KuraesinP., Al-KhotimN., IrjianantoM., FatmahF., Ma’arifM., FadhillahN., & RachmawatiY. (2020). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Science Learning, 1(2), 67-75. https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i2.1006
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)